Breaking News
Peran Inspektorat Kota Palangka Raya dalam Kegiatan Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya

Peran Inspektorat Kota Palangka Raya dalam Kegiatan Survei Penilaian Integritas Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya

Palangka Raya, 30 September 2019 – Sosialisasi kegiatan Survei Penilaian Integritas (SPI) tahun 2019 dilaksanakan di Hotel Luwansa Jl. G.Obos Kota Palangka Raya. Peserta/Instansi yang menjadi Lokus kegiatan SPI tahun 2019 ini ada sebanya 6 (enam) SOPD terpilih. Alman P. Pakpahan, S.H., M.H. selaku Inspektur Kota Palangka Raya pada kesempatan yang sama hadir sebagai Leading Sektor dalam pelaksanaan Kegiatan SPI tahun 2019 ini.

Kegiatan Sosialisasi SPI tahun 2019 ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa SPI merupakan tindak lanjut dalam rangka upaya pencegahan korupsi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. SPI bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memetakan dan membangun upaya-upaya pencegahan korupsi serta penguatan sistem integritas. 

SPI adalah penilaian yang dilakukan suatu institusi dengan mengkombinasikan pendekatan persepsi dan pengalaman baik secara langsung mapupun tidak langsung dan diwakili oleh pegawai/pejabat publik dalam melaksanakan tugas secara transparan, akuntabel dan anti korupsi. Kota Palangka Raya dalam rangka upaya pencegahan korupsi telah membuat Rencana Aksi Supervisi Pencegahan Korupsi yang Terintegrasi dengan Aplikasi MCP KPK dengan progres persentase tindak lanjut pada saat ini mencapai 68% dan salah satu dari rencana aksi tersebut adalah Survei Penilaian Integritas (SPI). Hasil kegiatan SPI ini nantinya dapat menjadi dua manfaat yang penting, pertama hasil survei dapat dijadikan perbaikan Instansi ke depannya dan yang kedua hasil survei akan dipublikasikan ke publik sebagai wujud akuntabilitas instansi.

Pada pertemuan Sosialisasi SPI tahun 2019 ini, dijelaskan secara langsung ragkaian tahapan pelaksanaan SPI tersebut, yaitu mulai tahapan sosialisasi dan komitmen kerjasama antara Inspektorat Kota Palangka Raya dengan BPS Kota Palangka Raya hingga penjelasan bagi Instansi yang masuk dalam lokus survei tahun 2019.

About inspektorat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*